Penulis Kami
Arif Zulkifli
-
Dilahirkan di Jakarta pada 17 Desember 1978. Pada tahun 2004, penulis menyelesaikan pendidikan S-1 di Teknik Kimia, UGM, Yogyakarta. Lalu, pada tahun 2006, penulis menamatkan program studi S-2 di MM Universitas Muhammadiyah, Jakarta. Kemudian, Program studi S-3 diselesaikan pada 2011 dengan Jurusan Ilmu Lingkungan di Universitas Indonesia. Saat ini, penulis bekerja sebagai Direktur Utama Sustaid (Sustainable Development) Institute: Research, Survey, and Consulting, serta Staf Ir. Syamsu Hilal (Staf Khusus Pembinaan SDM Kementan RI).
Julia T. Wood
-
Julia T. Wood bergabung dalam Departemen Komunikasi di Universitas Nort Carolina Chapel Hill ketika masih berusia 24 tahun. Sejak itu, ia telah mengajar di banyak kelas dan mengadakan penelitian dalam bidang hubungan personal, gender, komunikasi, dan budaya. Saat ini ia menjadi Lineberger Distinguiushed Professor of Humanities atau lebih dikenal dengan sebutan profesor dalam bidang komunikasi.
Peter C. Brewer
-
Peter C. Brewer adalah profesor di Fakultas Akuntansi pada Miami University, Oxford, Ohio. Beliau menyelesaikan
Jerry C. Olson
-
Jerry C. Olson adalah profesor bidang pemasaran Earl P. Strong Executive Education di Universitas Pennsylvania State dan merupakan pendiri Olson-Zaltman Associates. Dia bergabung dengan Penn. State pada tahun 1971 setelah menerima gelar Ph.D. untuk Psikologi Konsumen dari Universitas Purdue. Di Penn. State, dia mengajarkan Perilaku Konsumen, Manajemen Pemasaran, Periklanan dan Manajemen Promosi, Metode Riset, dan Teori Pemasaran. Penelitian Profesor Olson telah dipublikasikan dalam Journal of Consumer Research, Journal of Marketing Research, Journal of Marketing, Journal of Applied Psychology, dan International Journal of Research in Marketing. Dia juga penulis atau editor dari sejumlah buku, termasuk Consumer Behavior and Marketing Startegy, Understanding Consumer Behavior, Perceived Quality, dan Advertising and Consumer Behavior, juga beberapa dokumentasi hasil konferensi. Profesor Olson juga pernah menjabat sebagai presiden dari Association of Consumer Research, organisasi profesional utama yang menaungi para peneliti konsumen. Dia juga pernah bekerja sebagai dewan pengulas editorial pada sebagian besar jurnal di bidang marketing dan perilaku konsumen. Sebagai rekanan di Olson-Zaltman Associates, Profesor Olson juga merupakan konsultan aktif untuk sejumlah perusahaan barang konsumsi, membantu mereka mengembangkan pemahaman yang mendalam terhadap pelanggan mereka. Dia juga pernah memberikan jasa konsultasi bagi Komisi Dagang Federal.
David L. Kurtz
-
Saat ini, Dave Kurtz kembali mengajar di University of Arkansas, setelah serangkaian tugas di Ypsilanti, Michigan; Seattle, Washington; dan Melbourne, Australia. Ia adalah kakek yang bangga dengan kelima cucunya yang “sempurna�? dan seorang olahragawan dengan handicap golf yang terlalu tinggi untuk disebutkan. Dave, sang istri Diane, dan empat anjing mereka yang sangat aktif (Daisy, Lucy, Molly, dan Sally) tinggal di Rogers, Arkansas. Dave menjadi profesor terhormat di Sam Walton M. College of Business di dekat Fayetteville, rumah dari Arkansas Razorbacks.
Sesilia Andriani Keban
Sesilia Andriani Keban, S.Farm., M.Si.
Sesilia Andriani Keban, S.Farm., M.Si., lulus Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada tahun 2004 dan apoteker tahun 2005, kemudian melanjutkan ke jenjang S-2 di Universitas yang sama program Farmasi Klinis dan lulus tahun 2008. Saat ini bekerja sebagai staf akademik di Fakultas Farmasi Universitas Pancasila dan mengajar mata kuliah Farmasi Klinis dan Interaksi Obat.
Richard B. Robinson, Jr.
Richard B. Robinson, Jr., Ph.D.
Richard B. Robinson, Jr., Ph.D., merupakan Moore Fellow di Moore School of Business, University of South Carolina. Ia juga menjadi Direktur dari Faber Entrepreneurship Center di USC. Dr. Robinson menerima gelar Ph.D. dalam bidang Administrasi Bisnis dari University of Georgia. Ia menyelesaikan studinya dari Georgia Tech dalam bidang Manajemen Perindustrian. Profesor Robinson telah menulis, baik sendiri maupun dengan penulis lainnya, banyak buku, artikel, makalah profesional, dan studi kasus tentang manajemen strategis dan isu-isu kewirausahaan yang digunakan oleh siswa dan manajer di seluruh dunia. Penelitiannya telah dipublikasikan dalam jurnal-jurnal utama termasuk Academy of Management Journal, Academy of Management Review, Strategic Management Journal, Academy of Entrepreneurship Journal, dan Journal of Business Venturing. Sebelumnya, Dr. Robinson menduduki jabatan eksekutif pada beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang industri bubur kertas dan kertas, limbah berbahaya, produk bangunan,
Syarif Hidayatullah
-

Penulis kelahiran Jakarta pada 22 Februari 1964. Penulis menyelesaikan studi S-1 pada Jurusan Matematika di Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Jakarta dan S-2 pada Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Informasi Benarif Indonesia (STTI BI) Jakarta.

Steven M. Glover
-
adalah profesor Akuntansi pada Mary & Ellis- Marriot School of Management, Brigham Young University. Profesor Glover merupakan CPA di Utah dan memperoleh gelar Ph.D dan BS dari University of Washington dan AA in Business dari BYU-Idaho. Sebelumnya dia bekerja sebagai auditor pada KPMG LPP dan sebagai direktur kantor nasional PwC LLP. Dia berperan sebagai komite audit pada organisasi nirlaba dan merupakan dewan pensihat untuk perusahan teknologi dan aktif menjadi konsultan pada perusahaan publik dan perusahaan akuntan publik. Dia sering kali juga bertindak sebagai saksi ahli. Dia juga merupakan Presiden dari Auditing Section of The American Accounting Association. Selain itu, dia bagian dari task force yang terkait dengan auditing pada AICPA. Profesor Glover adalah dewan editor dari Auditing: A Journal of Practice & Theory, The Accounting Review, Current Issues in Auditing dan Accounting Practice. Dia telah menjadi penulis untuk lebih dari 30 artikel dan buku yang fokus pada area pembuatan keputusan audit, pendidikan audit dan praktik audit. Sekarang ini bersama Profesor Dough Prawitt dan KPMG, LLP, sedang menulis monograph yang didesain untuk mengakselerasikan judgment profesional mahasiswa akuntansi dan auditing.
Douglas F. Prawitt
-
Profesor Douglas F. Prawitt merupakan Profesor Akuntansi pada Glen Ardis- Marriott School of Managemen, Brigham Young University. Profesor Prawit adalah CPA di Utah. Dia memperoleh gelar Ph.D dari University of Arizona, BS dan MAcc dari Brigham Young University. Dia juga menerima penghargaan The Marriot School’s Teaching Exellece dan Penghargaan Outstanding Researcher pada tahun 1998 dan 2000. Dia menerima the Merril J Bateman Student Choice Teaching Award pada tahun 2002 dan penghargaan BYU’s Wesley P Llyod untuk Distinction in Graduate Education in 2006. Dia juga aktif sebagai konsultan pada kantor akuntan publik lokal, regional, dan internasional. Dia bekerja secara ekstensif selama lima periode dengan the Committee of Sponsoring Organization (COSO) pada the COSO enterprise Risk Management Framework and Internal Control over Financing Reporting-Guidance for Smaller Public Companies. Dia juga menjabat sebagai Dewan Standar auditing pada AICPA dari tahun 2005-2008. Pada tahun 2011 dia ditunjuk sebagai Dewan Direksi COSO untuk 3 tahun. Dia berperan dalam American Accounting Association dan merupakan anggota dewan editor pada Auditing: A Journal of Practice & Theory, Behavioral Research in Accounting dan Accounting Horizons. Dia telah menulis leibh dari 30 artikel dan buku, terutama pada area opini auditor dan pembuatan keputusan, pendidikan audit dan praktik audit. Sekarang ini bersama dengan Profesor Steve Glover dan KPMG, LPP dia sedang menulis monograph yang di desain untuk meningkatkan judgment profesional dari mahasiswa akuntansi dan auditing.
Jonathan P. Doh
-
Jonathan P. Doh adalah Herbert G. Rammrath Chair untuk International Business, founding director dari Center for Global Leadership, dan Profesor Managemen di Villanova School of Business. Jonathan mengajar, melakukan penelitian, dan menjabat sebagai executive instructor dan konsultan pada bidang strategi internasional dan tanggung jawab sosial perusahaan. Ia juga merupakan Senior Associate di Center for Strategic and International Studies dan terkadang menjadi executive educator di Duke Corporate Education dan Aresty Institue of Executive Education di Wharton Business School. Sebelumnya, di American and Georgetown University dan merupakan pejabat perdagangan senior di pemerintahan Amerika Serikat, yang bertanggung jawab terhadap kesepakatan perdagangan bebas Amerika Utara (North America Free Trade Agreement—NAFTA) dan kesepakatan perdagangan bebas Amerika Serikat-Kanada (U.S-Canada Free Trade Agreement). Jonathan adalah penulis dan penulis bersama di lebih dari 45 artikel yang dipublikasikan di berbagai jurnal manajemen dan bisnis internasional terkemuka, 25 bab pada volume yang diedit secara ilmiah, dan lebih dari 75 paper konferensi. Artikel terbarunya telah terbit di jurnal seperti Academy of Management Review, California Management Review, Journal of International Business Studies, Organization Science, Sloan Management Review, dan Strategic Management Journal. Ia adalah co-editor dan penulis yang turut berkontribusi pada Globalization and NGOs (Praeger, 2003) dan Handbook on Responsible Leadership and Governance in Global Business (Elgar, 2005), dan penulis bersama dari edisi terdahulu Manajemen Internasional: Budaya, Strategi, dan Perilaku (ed. 7, McGraw-Hill/Irwin, 2009), buku teks manajemen internasional terlaris.

Fokus penelitiannya saat ini adalah strategi pada pasar baru, tanggung jawab perusahaan global, dan offshore outsourcing jasa. Buku terbarunya adalah Multinationals and Development (dengan Alan Rugman, Yale University Press, 2008) dan NGOs and Corporations: Conflict and Collaboration (dengan Michael Yaziji, Cambridge University Press, 2009). Ia adalah pemimpin redaksi dari MRN international Environment of Global Business (SSRNJournal) dan Associate Editor dari Academy of Management Learning and Education, Business & Society, dan Long Range Planning. Jonathan juga telah mengembangkan beberapa lusin kasus asli dan simulasi yang dipublikasikan dalam buku, jurnal, basis data kasus, dan digunakan di berbagai universitas global ternama. Ia juga adalah konsultan atau executive instructor pada ABB, Anglo American, Bodycote, Bosch, China Minsheng Bank, Hana Financial, HSBC, Ingersoll Rand, Medtronic, Shanghai Municipal Government, Siam Cement, The World Economic Forum, dan Deloitte Touche, di mana ia menjabat sebagai penasihat eksternal senior bagi Global Energy Resource Group. Ia memperoleh gelar Ph.D. dari George Washington University dalam bidang manajemen strategis dan internasional.
Gita Nirmala Sari
-
Gita Mirmala Sari
Willa Follona
-
Willa Follona
Estralita Trisnawati
-
pengajar tetap di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta. Selain itu juga menjadi pengajar tidak tetap di Trisakti School of Management dan Universitas Krida Wacana, Jakarta. Mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (SE) dari Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, dan gelar Akuntan (Ak) diraih melalui Ujian Nasional Akuntansi. Gelar MSi diperoleh dari Jurusan Akuntansi Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta. Selanjutnya beliau lulus Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak dari Konsorsium Pengembangan Konsultan Pajak Indonesia dan mendapatkan Sertifikasi Pendidik.
Angelo Kinicki
-
Angelo Kinicki adalah seorang profesor manajemen di W.P. Carey School of Business di Arizona State University. Pada 2005, beliau menjabat sebagai ketua Weatherup/Overby untuk program kepemimpinan. Ia meraih posisinya yang sekarang sejak menerima gelar doktornya di bidang perilaku organisasi dari Kent State University pada 1982. Angelo dikenal karena pengajaran dan penelitiannya. Sebagai seorang pengajar, Angelo telah menerima beberapa penghargaan, termasuk penghargaan Outstanding Teaching Award–M.B.A. and Master’s Program (2007–2008), John W. Teets Outstanding Graduate Teacher Award (2004–2005), Graduate Teaching Excellence Award (1998–1999), Continuing Education Excellence Award (1991–1992), dan Undergraduate Teaching Excellence Award (1987–1988). Dia juga terpilih ke dalam Who’s Who of American Colleges serta Universities dan Beta Gamma Sigma. Ia sudah memublikasikan lebih dari 80 artikel di berbagai jurnal profesional dan akademik, dan bersama rekannya telah menulis enam buku teks untuk perguruan tinggi (21 termasuk revisi). Buku-bukunya telah digunakan oleh banyak universitas di seluruh dunia dan sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Pengalaman Angelo sebagai peneliti berhasil mengantarkannya menjadi jajaran editor untuk Academy of Management Journal, Journal of Management, dan Journal of Vocational Behavior. Ia juga menerima All-Time Best Reviewer Award dari Academy of Management Journal untuk periode 1996–1999. Penelitian-penelitian Angelo meliputi kepemimpinan, budaya organisasi, perubahan organisasi dan kehilangan pekerjaan secara paksa.
Dennis P. Saccuzzo
-
Dennis P. Saccuzzo
Surachmindari
Surachmindari, S.ST., M.Pd.
Surachmindari, S.ST., M.Pd., lulus sekolah bidan pada 1976. Penulis kemudian melanjutkan pendidikannya pada program D-3 Kebidanan dan lulus tahun 1996. Program D-4 Maternitas penulis jalani dan selesaikan di tahun 2000. Terakhir, penulis berhasil mendapatkan gelar magister pendidikan melalui Program Teknologi Kependidikan pada tahun 2006. Penulis yang telah lama berkecimpung di dunia kebidanan ini mengawali kariernya sebagai staf kebidanan di RS Bhetesda, Yogyakarta. Namun, di tahun-tahun berikutnya penulis lebih banyak bergelut di dunia pendidikan. Mengajar menjadi profesi pilihan penulis.
Belajar Jadi Lebih Mudah