Penulis Kami
Mahyus Ekananda
-
Mahyus Ekananda is a lecturer at the Department of Economics, Faculty of Economics, University of Indonesia. He completed his undergraduate education at the Bandung Institute of Technology in 1991 and acquired Master of Business Administration from the University of Atma Jaya. He completed his education in the field of International Trade from the University of Indonesia. In 2003 he completed his doctoral education in the field of Monetary. His teaching experience has been started from 1995 in several universities in Jakarta. Since 2002 until recently, he has been a lecturer at the Faculty of Economics, University of Indonesia at the Science Studies Program Management, Economics Studies Program, Science Studies Program Master of Accounting and Public Policy Planning. In addition to teaching at University of Indonesia, he is also actively becomes a researcher at the Laboratory of Economics and several private institutions. He is also occupied in providing training to various government institutions with regard to mathematics, statistics, and econometrics of Bank Indonesia, BAPPENAS, Ministry of Finance, and others. Meanwhile, as a resource, he actively supports research projects in the Ministry of Finance, Ministry of Industry and Bank Indonesia. He has been developing methods for the application of econometrics social science and public science. Currently he has completed several books on Introduction to Econometrics, Financial Econometrics, and Econometrics
Laurence A. Manullang
Prof. Dr. Laurence A. Manullang, DA.
Prof. Dr. Laurence A. Manullang, DA., adalah Guru Besar dalam Ilmu Akuntansi, Universitas Timbul Nusantara yang pada periode ini masih menjabat sebagai rektor universitas tersebut.
Euston Quah
-
Euston Quah adalah profesor tamu dan Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi di Nanyang Technological University, Singapura dan pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Ilmu Seni dan Sosial di National University of Singapore. Profesor Quah banyak menulis dalam bidang ekonomi lingkungan, analisis biaya keuntungan, hukum dan ekonomi, serta ekonomi rumah tangga. Tulisan-tulisannya dimuat di berbagai jurnal, antara lain World Development, Journal of Environmental Management, Journal of Environmental Law, Journal of Public Economic Theory, American Journal of Economics and Sociology, Applied Economics, dan International Review of Law and Economics. Profesor Quah pernah menjabat sebagai penasihat di sejumlah kementerian dan lembaga perundangan di Singapura, serta berkontribusi untuk penelitian tentang analisis biaya keuntungan pada berbagai proyek dan program publik besar. Saat ini, beliau menjabat sebagai wakil presiden Economics Society of Singapore (Masyarakat Ekonomi Singapura). Ia juga duduk sebagai co-editor jurnal International Gambling Studies dan menjadi editor Singapore Economic Review sejak tahun 2002. Beliau juga pernah menjabat sebagai editor tamu Asian Economic Journal. Profesor Quah menerima Penghargaan dan Pengakuan Hasil Penelitian dari Nanyang Technological University pada tahun 2005.
Cathy L. Greenberg
-
Cathy L. Greenberg merupakan seorang ahli yang terkenal di bidang kepemimpinan dan mengaplikasikan ilmu baru dari kebahagiaan. Ia berkontribusi dalam banyak artikel dan buku terlaris. Selain aktif menjadi pembicara terkenal dan penyiar radio, ia mendirikan h2c―Happy Companies Healthy People―organisasi pertama yang berdedikasi untuk melatih para pemimpin pada bidang seni dan ilmu pengetahuan, mengembangkan perusahaan yang menguntungkan dan memiliki produktivitas yang
Barrett S. Avigdor
-
Barrett S. Avigdor adalah seorang pengacara internasional, pelatih eksekutif, dan penerima beasiswa Fulbright. Selain aktif menjadi seorang inovator, pembimbing, dan pemegang konsep dalam manajemen dan strategi bakat, ia telah menjadi anggota dari tim kepemimpinan Accenture’s Legal Group sejak 1995. Ia membantu membangun kekuatan pendekatan berbasis Accenture dengan bakat global mereka serta inisiatif keterlibatan karyawan, baik sebagai fasilitator maupun penulis materi. Ia mengelilingi dunia mengarahkan hasratnya bagi keunggulan performa manusia.
Peter Wilson
-
Peter Wilson adalah mantan profesor tamu pada Jurusan Ekonomi di National University of Singapore dari tahun 1989 hingga 2007. Beliau pernah mengajar selama satu tahun di Malaysia dan sebelumnya mengajar di sejumlah universitas di Inggris, termasuk Warwick, Sussex, Bradford, dan Hull. Minatnya terhadap pengajaran dan penelitian mencakup bidang ekonomi makro dan ekonomi internasional dengan spesialisasi Asia Timur dan Asia Tenggara. Dr. Wilson turut serta menulis dua buku tentang Singapura dan telah menerbitkan berbagai artikel di berbagai jurnal, seperti World Economy, Applied Economics, Open Economies Review, Journal of Economic Studies, Asian Economic Journal, Economic Modeling, dan Journal of the Asia Pacific Economy. Saat ini, beliau menjabat sebagai konsultan untuk Monetary Authority of Singapore (MAS, Departemen Kebijakan Ekonomi di Lembaga Moneter Singapura), editor jurnal Macroeconomic Review and Macroeconomic Stability Review yang terbit dua kali pada setiap tahunnya, pengajar kebijakan ekonomi di MAS, dan ketua pada subpanitia pendidikan di Economics Society of Singapore.
Sukarnen Suwanto
-
Lulus dari Universitas Trisakti, Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi, pada tahun 1994, dan Universitas Indonesia, Pascasarjana Ilmu Manajemen, spesialisasi Manajemen Keuangan, pada tahun 2010.
Muhammad Nuh Al-Azhar.
-

Merupakan anggota Polri yang saat ini berpangkat Komisaris Besar Polisi dan salah satu perintis pengembangan kemampuan digital forensik di Indonesia, juga di Puslabfor (Pusat Laboratorium Forensik) Bareskrim Polri sejak tahun 2000, dan sekarang menduduki Jabatan Fungsional sebagai Pemeriksa Forensik Utama (PFU) Puslabfor sejak Maret 2018. Sebelumnya menjabat sebagai Kasubbagbinfung Puslabfor sejak akhir Oktober 2017, selepas mengikuti pendidikan SESPIMMEN POLRI Dikreg ke-57. Selama tahun 2000 sampai saat ini, penulis mempersiapkan dan mengembangkan kapasitas digital forensic Puslabfor hingga mendorong terbentuknya unit fungsional DFAT (Digital Forensic Analyst Team) yang dipimpin oleh penulis di tahun 2010, selanjutnya unit fungsional DFAT tersebut ditingkatkan menjadi struktural Subbid Komputer Forensik Bidfiskomfor Puslabfor pada tahun 2011 yang juga dipimpin oleh penulis hingga akhir Oktober 2017.

David Wijaya
-
Lahir di Jakarta pada tanggal 2 Oktober 1984. Setelahmenamatkan pendidikan di SMU Kalam Kudus II Jakarta, ia melanjutkan pendidikan di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas
Tutu April Ariani
-
Tutu April Ariani, S.Kp., M.Kes. Merupakan dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Maharani Malang, sejak tahun 2010. Sebelumnya, penulis mengajar di Akper Darul Ulum selama 14 tahun. Keaktifannya di bidang keperawatan dimulai saat ia lulusan dari Akper Depkes Malang tahun 1992. Kemudian ia menjadi staf pengajar di Akper Darul ‘Ulum Jombang dan melanjutkan studi pada PSIK FKUI Jakarta dan lulus pada tahun 1998. Sejak itu, kiprahnya di bidang keperawatan jiwa terus berkembang. Wanita yang akrab di panggil “Bu Tutu�? ini aktif menjadi pembicara di beberapa pelatihan yang terkait dengan bidang pelayanan keperawatan jiwa ataupun bidang pengembangan pendidikan. Aktif sebagai Ketua Litbang pada Forum Pendidikan Keperawatan dan Kebidanan Jawa Timur, menuntut penulis harus mengasah kemampuannya. Pada tahun 2009 ia menyelesaikan pendidikan pascasarjananya di UNS Surakarta.
Frederikus Fios
-
Lahir di Kefemenanu, Timor, pada tanggal 11 Maret 1976. Ia menekuni pendidikan SMA di Seminari Santa Maria Lalian, Timor (1991-1995) yang menempa penulis muda berbakat ini menjadi cendekiawan masa depan yang kritis, kreatif, inovatif dan inklusif. Studi filsafat untuk meraih gelar Sarjana Strata Satu (S-1) ditempuhnya di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero, Flores (1997–2001). Penulis juga berkiprah dalam dunia tulis-menulis, tepatnya di media cetak dengan menjadi jurnalis pada Harian Umum Flores Pos (2001–2002). Kiprahnya di harian ini menjadi momen berharga yang menajamkan visi penulis muda ini ke masa depan. Pada tahun 2002 , intelektual muda ini mulai mendalami Program Magister (S-2) di bidang Teologi dan lulus pada tahun 2004 dengan predikat cum laude (IPK 3,83).
Richard E. Baker
-
Richard E. Baker merupakan pengajar di Northern Illinois University. Dianugerahi gelar Distinguished Professor of Accountancy oleh Ernst & Young di tempatnya mengajar tersebut serta dikenal sebagai penerima penghargaan pertama sekaligus tertinggi dari universitasnya, yaitu University Presidential Teaching Professor. Mengajar beberapa mata kuliah utama, termasuk akuntansi keuangan lanjutan, teori keuangan, dan manajemen bisnis internasional serta, sebagai seorang CPA, mengajar topik khusus akuntansi keuangan lanjutan pada CPA Examination Review Course.
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
-
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
Yuliansyah
Yuliansyah, M.S.A., Ph.D., Akt., CA.,
Yuliansyah, M.S.A., Ph.D., Akt., CA., adalah staf pengajar Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung. Beliau menamatkan pendidikan sebagai Sarjana Akuntansi di Universitas Jenderal Soedirman, Master of Science in Accounting (M.S.A) di Meinders School of Business- Oklahoma City University-USA, dan Philosophy of Doctor (Ph.D) bidang Akuntansi di University of South Australia.
Ani Wilujeng Suryani
Ani Wilujeng Suryani, S.E., M.ActgFin.
Ani Wilujeng Suryani, S.E., M.ActgFin., adalah staf pengajar di Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Setelah menamatkan pendidikan Master of Accounting and Finance di University of Adelaide pada tahun 2011, penulis saat ini tercatat sebagai mahasiswi Ph.D. di Business School, University of South Australia, dengan topik disertasi pendidikan akuntansi. Beberapa artikel ilmiah terkait pernah dibuat penulis dan diterima di beberapa konferensi
Alpha C. Chiang
-
Alpha C. Chiang received his Ph.D. from Columbia University in 1954, after earning a B.A. in 1946 from St. John’s University (Shanghai, China) and an M.A. in 1948 from the University of Colorado. In 1954 he joined the faculty of Denison University in Ohio, where he assumed the chairmanship of the Department of Economics in 1961. From 1964 on, he taught at the University of Connecticut where, after 28 years, he became Professor Emeritus of Economics in 1992. He also held visiting professorships at New Asia College of the Chinese University of Hong Kong, Cornell University, Lingnan University in Hong Kong, and Helsinki School of Economics and Business Administration. His publications include another book on mathematical economics: Elements of Dynamic Optimization, Waveland Press, Inc., 1992. Among the honors he received are awards from the Ford Foundation and National Science Foundation fellowships, election to the presidency of the Ohio Association of Economists and Political Scientists, 1963–1964, and listing in Who’s Who in Economics: A Biographical Dictionary of Major Economists 1900–1994, MIT Press.
N. Gregory Mankiw
N. Gregory Mankiw
N. Gregory Mankiw adalah profesor ekonomi di Harvard University. Beliau adalah alumnus mahasiswa ekonomi di Princeton University dan MIT. Pengalaman mengajarnya, antara lain dalam bidang ekonomi makro, ekonomi mikro, statistik, dan prinsip-prinsip ekonomi. Beliau
Intan Kumalasari
-
Intan Kumalasari, lahir di Palembang pada 1974. Penulis merupakan staf pengajar di Poltekkes Kemenkes Palembang Jurusan Keperawatan dari 2008 s.d. sekarang. Pada 1996 Penulis menyelesaikan pendidikan D-3 Keperawatan di Akademi Keperawatan Depkes Palembang, kemudian melanjutkan pendidikan D-4 di Universitas Sumatra Utara pada 1999 dan mendapat gelar Ahli Perawat Pendidik di Bidang Ilmu Keperawatan Maternitas. Penulis memulai kariernya di Akper Fithrah Aldar Lubuk Linggau pada tahun 1997 s.d. 2002. Kemudian, pada 2007 pernah menjadi staf dan dosen di Akbid Rizki Patya Palembang dan di tahun yang sama penulis juga bekerja sebagai tenaga honorer di RS Ernaldi Bahar. Selain itu, sejak 2008 s.d. sekarang penulis juga aktif sebagai tenaga pengajar tidak tetap di Akbid Persada dan Akbid Assanadyah.
Iwan Andhyantoro
-
Iwan Andhyantoro, lahir di Semarang pada 1969. Penulis merupakan staf dan penyuluh kesehatan di RS Ernaldi Bahar. Memperoleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat di FKM Peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Universitas Diponegoro, Semarang pada 2002. Penulis aktif sebagai penyuluh kesehatan, baik di dalam maupun di luar lingkungan rumah sakit. Tema penyuluhan yang diberikan di antaranya adalah Napza, Penyakit Menular Seksual dan HIV/AIDS, Kesehatan Kerja, Promosi Kesehatan, Kesehatan Jiwa, serta Kesehatan Umum. Penulis Pernah aktif mengajar di Akbid Rizky Patya Palembang pada 2007 s.d. 2009 dan juga aktif mengajar di Jurusan Fisioterapi STIKES Muhammadiyah Palembang sejak 1996 s.d. sekarang.
Safrida Rumondang Parulian
-
Safrida Rumondang Parulian
Belajar Jadi Lebih Mudah