Penulis Kami
Rezqi Ananda Basid
Rezqi Ananda Basid, S.E., M.B.A., CFP.

Dosen pada Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pertamina dengan pendalaman ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Saat ini, ia juga menjabat sebagai Manajer Satuan Pengawas Internal. Penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas Mulawarman pada tahun 2012 serta pendidikan S2 Magister Manajemen di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2015. Selain mengajar, penulis juga aktif menjadi pembicara seminar/pelatihan perencanaan keuangan dan investasi.

Ahmad Rodoni
Prof. Dr. Ahmad Rodoni

Lahir di Jakarta pada tanggal 3 Februari 1969. Beliau adalah Guru Besar pada Bidang Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan menjadi anggota Dewan Penasihat Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Beliau menempuh pendidikan S-1 di Universitas Trisakti Jakarta, lulus tahun 1993; program Magister Manajemen pada bidang keuangan di UGM, lulus tahun 1995; dan menyelesaikan Program Doctor Business Administration (DBA) di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada bidang keuangan tahun 2001 dengan spesialisasi financial market, corporate finance, dan Islamic Investment.

Muhammad Anwar Fathoni
Muhammad Anwar Fathoni, Lc., M.A.

Lahir di sebuah desa kecil di pinggiran Jawa Timur, tepatnya di Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, pada tanggal 4 Agustus 1992. Penulis menempuh pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Turi, lulus tahun 2004; MTsN Denanyar Jombang, lulus tahun 2007; dan MAN Denanyar Jombang, lulus tahun 2010, sekaligus nyantri di Pondok Pesantren yang didirikan oleh al-marhum al-maghfurlah KH. Bisri Syansuri, yaitu Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Setelah itu, penulis melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Al-Azhar Mesir, lulus tahun 2014; program Magister Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 2017; dan saat ini tengah menempuh program Doktor di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tia Yuliawati
Tia Yuliawati, S.Pd., M.M.

Lahir di Sumedang, 13 Juni 1990. Saat ini, penulis tercatat sebagai dosen  Program Studi Manajemen Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB-UPI), serta mengampu mata kuliah Manajemen Keuangan.

Fitranty Adirestuty
Fitranty Adirestuty, S.Pd., M.Si.

Lahir di Majalengka, 3 Maret 1990. Penulis merupakan dosen Program Studi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB-UPI). Penulis menyelesaikan program sarjana Pendidikan Ekonomi FPEB-UPI pada tahun 2012, kemudian melanjutkan studi pascasarjana Kajian Timur Tengah Islam di Universitas Indonesia (UI) dan lulus pada tahun 2014.

[Tim Penulis] LM FEB-UI
-
Tidak ada deskripsi.
Rachmadi Agus Triono
Rachmadi Agus Triono
Tidak ada deskripsi.
Tria Eni Rafika Devi
Tria Eni Rafika Devi, S.S.T., M.Kes.

Lahir di Banyuwangi, 20 November 1986. Pada tahun 2007, penulis menyelesaikan pendidikan Prodi D-3 Kebidanannya di Poltekes Kemenkes Malang. Pada tahun 2008, penulis menyelesaikan pendidikan D-4 Bidan Pendidik di Stikes Insan Unggul Surabaya. Pada tahun 2013, penulis telah lulus S-2 PDPK Prodi Kedokteran Keluarga di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Yoga Perdana
-

Dosen Progam Studi Bisnis Digital di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Lahir di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 15 Oktober 1993. Penulis menamatkan S-1 pada program studi Manajemen UPI pada tahun 2016 dengan masa studi 3,5 tahun dan predikat cumlaude. Pendidikan S-2 ditempuh di program studi Sains Manajemen (M.S.M.) di Universitas Padjadjaran (Unpad) pada tahun 2018.

Dicky Firmana
-
Pengalaman klinis di area keperawatan onkologi dan kemoterapi dari tahun 2009-2019. Aktif menjadi tenaga pengajar di beberapa instansi akademik jurusan keperawatan.
Muhamad Mu’iz Raharjo
Muhamad Mu’iz Raharjo, S.STP, M.Si.

Lahir di Banjarnegara, 22 Januari 1987. Gelar sarjana sains terapan pemerintahan diperoleh dari pendidikan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri/Institut Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN/IPDN) Jatinangor Sumedang pada tahun 2009, sedangkan gelar magister sains didapatkan dari Tugas Belajar Pendidikan Pascasarjana Magister Administrasi Pemerintahan Daerah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (PPs. MAPD IPDN) Cilandak Jakarta tahun 2011.

Meredita Susanty
Meredita Susanty
Dosen tetap program studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina sejak tahun 2016. Meredita pernah menempuh pendidikan D-3 Teknik Komputer di Politeknik Negeri Bandung dan meraih gelar Sarjana Komputer dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan gelar Master dari University of Nottingham. Di program studi Ilmu Komputer, Meredita mengajar Pengantar Teknologi Informasi dan Algoritma, Dasar Pemrograman, dan Rekayasa Perangkat Lunak. Sebelum menjadi dosen, Meredita pernah bekerja sebagai konsultan IT pada tahun 2006 dan 2008–2009, serta menjadi IT Business Analyst selama 2009–2014.
Dabella Yunia
Dabella Yunia, S.E., M.S.A., Ak., CPA.

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FEB-Untirta) Banten. Penulis yang lahir di Jombang, 12 Juni 1988 ini menyelesaikan pendidikan S-1 Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE-UM) pada 2010 kemudian menyelesaikan Magister Sains Akuntansi dari Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (UB) pada 2014. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) penulis tempuh di PPAk-UB dan selesai pada 2013. Selain mengajar, penulis juga aktif sebagai Editor in Chief pada Jurnal Riset Akuntansi Terpadu (JRAT).

Kurniasih Dwi Astuti
Kurniasih Dwi Astuti, S.E., Ak., M.Akt., CA.

Lahir di Yogyakarta, 14 Januari 1976. Penulis merupakan dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FEB-Untirta) Banten sejak 2010. Penulis memperoleh gelar Sarjana bidang Akuntansi dari Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Padjadjaran (FEB-Unpad) Bandung dan Magister Akuntansi dari FEB Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta.

Aktobi Gozali
-

Sekretaris Program Studi Ilmu Tasawuf Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Periode 2019–2023, lahir di Bogor pada 20 Mei 1973. Sesudah lulus SDN Tamansari II dan Madrasasah Ibtida’iyah Raudhotus Syafi’iyah (1987), ia melanjutkan pendidikan di ke SMP (1990) dan Madrasah Aliyah (1993) sambil “nyantri” di Pon-Pes Al-Mukhlishin Ciseeng Bogor yang secara kebetulan kedua lembaga pendidikan formal tersebut berada di bawah naungan Pondok Pesantren. Ia juga menamatkan pendidikan non-formal, Diniyah al-Wustha dan Diniyah al-‘Ulya di lembaga yang sama. Pendidikan S-1 ditempuhnya pada Jurusan Akidah dan Filsafat (AF), sekarang Akidah dan Filsafat Islam (AFI) di Fakultas Ushuluddin IAIN (sekarang UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta (1998) dan melanjutkan S-2 di Program Pascasarjana (SPS sekarang) di lembaga yang sama pada Jurusan Pengkajian Islam Konsentrasi Pemikiran Islam (2002). Sejak 2002, ia mulai mengabdi di Fakultas Ushuluddin. Mata kuliah yang diampu antara lain Praktikum Qiraat dan Praktikum Ibadah, Ilmu Mantiq/Logika, Ilmu Kalam, Pengantar Filsafat, Pengantar Filsafat Islam, Filsafat Ilmu. Tahun 2005–2016 ia mengajar Ilmu Tasawuf, Filsafat Umum dan Islam di Institut PTIQ Jakarta sebagai dosen dpk. dan Mata Kuliah Filsafat Ilmu dan Filsafat Pendidikan di STAI Al-Mukhlishin Bogor sejak 2004 sampai sekarang. Ia pun Pernah mengajar Filsafat Ilmu di STAI Syahid Bogor.

Tri Wicaksono
Tri Wicaksono S.Tr.Han
Tidak ada deskripsi.
Siti Resmi
Dra. Siti Resmi, M.M., Ak.

Dosen tetap pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIM-YKPN) Yogyakarta. Di samping mengajar di STIM YKPN, penulis juga mengajar di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah mengajar di Univ. Wangsa Manggala, CITS Universitas Gadjah Mada (UGM), dan AMIKOM Yogyakarta. Mata kuliah yang diajarkan meliputi Perpajakan, Akuntansi Intermediate, Praktikum Akuntansi, Akuntansi Pengantar, Analisis Laporan Keuangan, Akuntansi Manajemen.

Sandy Sofian Sopandi
dr. Sandy Sofian Sopandi

Adalah seorang dokter asal Bandung kelahiran 4 Januari 1988. Setelah menamatkan pendidikan kedokteran umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI), pria yang lebih akrab dipanggil Sandy ini menjalani satu tahun program internship di Cimacan. Kini, pendidikan spesialisasi ilmu bedah plastik dia tempuh di kampus yang sama, FKUI.

Agus Kharmayana Rubaya
Agus Kharmayana Rubaya, SKM., M.P.H.

Dilahirkan di Jakarta pada tahun 1966. Penulis telah menyelesaikan pendidikan D-3 Kesehatan Lingkungan di APK-TS Depkes, Jakarta, pada tahun 1988. Kemudian, Beliau melanjutkan pendidikan S-1 Kesehatan Masyarakat pada peminatan Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), lulus pada tahun 1999. Setelah berhasil merampungkan pendidikan S-1, penulis kembali melanjutkan pendidikan S-2 Public Health, peminatan Epidemiologi dan Biostatistik di School of Population Health, The University of Melbourne, Australia, dan lulus tahun 2007. Profesi sebagai pengajar adalah dosen di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Zulkifli
Prof. Dr. Zulkifli, M.A.

Guru Besar Antropologi Sosial Budaya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (FISIP UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Sejak 2019 (hingga 2023), beliau mengemban amanah profesi sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Belajar Jadi Lebih Mudah