Penulis Kami
Yayu Putri Senjani
Yayu Putri Senjani, S.E., M.Si.

Lahir di Jakarta tanggal 7 Oktober 1987. Ia menyelesaikan pendidikan S-1 Akuntansi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2009) dan S-2 Ilmu Akuntansi di Universitas Gadjah Mada (2012). Tahun 2020, ia menjadi dosen tetap di program studi Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan telah lulus Ujian ACPA (Associate Certified Public Accountant) serta Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS) level intermediate. Selain di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ia juga menjadi dosen tidak tetap di Universitas Teknologi Yogyakarta dan Universitas Terbuka. Sebelumnya penulis telah memiliki pengalaman mengajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Umiyati
-

Lahir di Jakarta 20 April 1979. Pendidikan SD sampai SLTA diselesaikan di sekolah negeri di Tangerang Selatan. Pendidikan S-1 diperoleh dari jurusan Akuntansi Syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Shariah Economic & Banking Institut (SEBI) Jakarta pada tahun 2006. Pendidikan S-2 diselesaikan di jurusan Akuntansi Manajemen dan Pengendalian di Program Magister Akuntansi (MAKSI) Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tahun 2012. Penulis aktif mengajar di beberapa perguruan tinggi di wilayah Jakarta dan Tangerang Selatan, dan sejak tahun 2015 diangkat sebagai Dosen Tetap di prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penulis mengajar mata kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Perbankan Syariah, dan Auditing Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Teknologi dan Bisnis Ahamd Dahlan Jakarta, dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (SEBI) Jakarta sampai dengan sekarang.

Siti Nurhasanah
Dr. Siti Nurhasanah, S.E., M.Pd.

Lahir di Jakarta pada 15 Juni 1982. Pendidikan dasar (SD s.d. SMA) diselesaikan di sekolah negeri di wilayah Jakarta Timur. Pendidikan S-1 diperoleh dari Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (FEB-UIN), Jakarta pada 2004. Pendidikan S-2 diselesaikan di Jurusan Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta (PPs UNJ) pada 2008. Kemudian, gelar doktor (S-3) Bidang Manajemen Pendidikan Islam penulis peroleh di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (RIL) pada 2017 atas dana Beasiswa Program 5.000 Doktor Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) tahun anggaran 2014.

Niko Grataridarga
Niko Grataridarga, M.Hum

Penulis lahir di Bengkulu pada 19 Mei 1990. Penulis menyelesaikan pendidikan S-1 Ilmu Perpustakaan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI) pada tahun 2012. Pada tahun 2013, penulis memutuskan untuk melanjutkan studinya pada Program Magister Ilmu Perpustakaan di almameter yang sama. Setelah menyelesaikan pendidikan magister pada tahun 2015, penulis menjadi dosen di Program Studi (Prodi) Manajemen Rekod dan Arsip pada Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi-UI).

Radityo Kusumo
Radityo Kusumo, S.I.A., M.M.

Penulis lahir di Jakarta, 25 September 1987. Menyelesaikan pendidikan S-1 dan S-2 di kampus yang sama, yaitu S-1 Administrasi Niaga di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP-UI) dan S-2 Pemasaran di Magister Manajemen Fak. Ekonomi & Bisnis (FEB) UI.

Nur Fadilah Dewi
Nur Fadilah Dewi, M.K.M.

Penulis lulus dari pendidikan Diploma 3 (D-3) dan Sarjana (S-1) peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), sert pendidikan S-2 tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Program Pascasarjana FKM-UI.

Andika Ajie Sastra
Andika Ajie Sastra, S.E., Ak., M.M., CA.

Penulis mengenyam pendidikan S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) dan S-2 Business Management dari Prasetya Mulya Business School. Saat ini, penulis merupakan dosen tidak tetap di Program Studi (Prodi) Akuntansi Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi-UI) setelah sebelumnya bekerja di PT Medco Energi International (Manager of Corporate Accounting), Medco Yemen Amed Ltd. (Finance & Administration Manager), serta PT Medco E&P Indonesia (Group Lead of Policy & Procedure).

Rahmi Setiawati
Rahmi Setiawati, S.Sos., M.Si.

Penulis merupakan dosen tetap di Program Studi (Prodi) Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi-UI). Penulis menempuh Pendidikan S-1 Administrasi Niaga dan S-2 Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Univ. Indonesia (FISIP-UI), serta Pendidikan Doktor (S-3) Bidang Komunikasi di Fak. Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (FIKOM-Unpad). Pengalaman dalam organisasi yang pernah dijalani hingga saat ini, sebagai Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UI, Ketua Prodi Penyiaran Multimedia, Bendahara LSP-UI di Asosiasi Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI). Penulis juga pernah menjadi anggota tim untuk pembuatan booklet tentang “Heritage Tourism Nusa Tenggara Timur” kerja sama antara UNESCO Indonesia dan Prodi D-3 Pariwisata FISIP-UI.

Sandra Aulia
Sandra Aulia, S.E., Ak., M.S.Ak., CA., CPA.

Penulis merupakan dosen tetap di Program Studi (Prodi) Akuntansi Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi-UI). Penulis menempuh Pendidikan S-1 dan S-2 di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI). Saat ini sedang menempuh Pendidikan S-3 Administrasi Fiskal di Pascasarjana Fakultas Ilmu Administrasi (FIA-UI). Sebelumnya, penulis pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Vokasi-UI, Ketua Prodi Akuntansi Program Pendidikan Vokasi-UI, Koordinator Riset dan Pengabdian Masyarakat Program Vokasi-UI, Sekretaris Prodi D-3 Akuntansi, serta Manajer Akademik dan Keuangan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk.) FEB-UI.

Resista Vikaliana
-

Lahir di Balikpapan pada 31 Oktober 1977, mendapatkan gelar S.Si. (S-1) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2000. Gelar Magister Manajemen diselesaikannya pada Program Pascasarjana, IPB pada 2004 dengan konsentrasi Manajemen Strategi. Saat ini, penulis sedang menempuh studi S-3 pada Faculty of Technology Management and Business, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (FPTP-UTHM), dengan fokus penelitian pada Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management).

Bob Sellers
-

Telah berkarier sebagai seorang jurnalis selama 20 tahun, termasuk selama sembilan tahun sebagai pembawa berita tingkat nasional di CNBC dan Fox News Channel. Di CNBC, Beliau membawakan berita selama tiga jam dalam sehari dan melaporkan tentang Wall Street selama perkembangan dan keruntuhan dot-com. Di FNC, Beliau membawakan berita yang mencakup berita umum dan politik internasional, mewawancarai berbagai orang, mulai dari Benjamin Netanyahu hingga Mikhail Gorbachev, dan memberikan laporan berita langsung dari Baghdad setiap tahap perkembangan perang Irak pada 2003.

Anwar
Anwar, S.E., M.Si.

Lahir di Toli-Toli, penulis menyelesaikan Pendidikan Strata Satu (S-1) Program Studi (Prodi) Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya (STIEM Bongaya). Strata Dua (S-2) Prodi Magister Sains Akuntansi Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Muhammad Faisal Arif
Muhammad Faisal Arif, S.E., M.Si., Ak.

Lahir di Ujung Pandang, penulis menyelesaikan studi Strata Satu (S-1) Program Studi (Prodi) Akuntansi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya (STIEM Bongaya), kemudian studi pada Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk.) di Fak. Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (FEB-UNHAS). Penulis melanjutkan studi Strata Dua (S-2) Magister Akuntansi di Program Pascasarjana UNHAS.

Kartika Shanti Sitorus
Kartika Shanti Sitorus, M.Psi., Psikolog

Kartika menyelesaikan studi Sarjana Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (FPsi-Unpad) dan menyelesaikan program magisternya dalam bidang Psikologi Pendidikan di Universitas Indonesia (FPsi-UI). Bidang yang biasa ditangani oleh Kartika adalah terkait remaja dan dewasa awal, khususnya yang relevan dengan persiapan dan perkembangan karier.

Eunike Mutiara Himawan
Eunike Mutiara Himawan, M.Psi., Psikolog

Eunike meraih gelar master dalam bidang Psikologi Profesi Klinis Dewasa di Universitas Indonesia (FPsi-UI). Ia juga sempat menjadi dosen paruh waktu di Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan (FPsi-UPH). Saat ini, Eunike sedang melanjutkan pendidikan doktoral di The University of Queensland, Australia. Eunike memiliki ketertarikan untuk meneliti tentang identitas sosial dan isu-isu psikologis terkait kekerasan massa.

Rizka Ayu Setyani
Rizka Ayu Setyani
Rizka Ayu Setyani merupakan seorang dosen, peneliti, penulis buku, serta reviewer jurnal nasional dan internasional. Alumni Universitas Sebelas Maret ini adalah bidan yang mengembangkan terapi komplementer pada ibu dan anak sebagai Founder Sekolah Komplementer Cinta Ibu (SEKOCI). Rizka juga Member International AIDS Society yang menyoroti isu HIV/AIDS pada perempuan dan remaja. Penghargaan yang pernah diraih di tahun 2021, diantaranya Southeast Asian Women, Paragon Innovation Award, dan Social Innovation Health Initiative Showcase. Email: bidanrizkaayusetyani@gmail.com; Instagram: @rizkaayusetyani / @sekolahkomplementercintaibu
Niken Bayu Argaheni
Niken Bayu Argaheni, S.S.T., M.Keb.

Niken adalah dosen di Universitas Sebelas Maret, Surakarta (Solo) dan merupakan penulis esai “When Midwives Know Gender Curriculum” (Pemenang Essay 2nd Health Professional Education International Conference DIKTI di Bali, Indonesia), esai Kahlil Gibran di Indonesia yang diterbitkan Kedutaan Besar Lebanon, esai di Jurnal Khittah “Pemberdayaan Kebangsaan dan Realita Ekonomi Mikro NU”, artikel “Komunikasi Heteronormativitas antara Tenaga Kesehatan dengan Pasangan Lesbian dalam Proses Pengasuhan Anak” Proceeding Book 1st International Conference for Midwives (ICMID) April 2016, serta artikel Oral Presentation of Research: “Relation Between Gravidity and Vericose of Lower Limb” (International Conference of Public Health di Colombo, Sri Lanka). Niken mempunyai HAKI: Aplikasi Simulasi Uji Kompetensi Kebidanan Alter Indonesia.

Tim Penulis KAP
-

Tim Penulis KAP (Kolaborasi Antar-Profesi), yaitu tim dosen Poltekkes Kemenkes Jakarta I yang menyusun Modul Mahasiswa Kolaborasi Antar Profesi (KAP). Mereka adalah sebagai berikut.

Irwan Trinugroho
-

Guru Besar Ilmu Keuangan pada Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB-UNS), Surakarta. Pada 2022, Irwan dipercaya sebagai Kepala Pusat Unggulan Iptek-Perguruan Tinggi (PUI-PT) Center for Fintech and Banking UNS, serta Chief International Office UNS. Irwan memperoleh gelar Sarjana Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Keuangan dari FEB-UNS pada 2006. Gelar Master of Science (M.Sc.) dalam bidang Manajemen, konsentrasi Manajemen Keuangan diperoleh dari Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2009, sedagkan gelar Doktor (Ph.D.) bidang Perbankan dan Keuangan diperoleh dari University of Limoges, Prancis pada 2014.

Rindang Widuri
-

Dosen Tetap Prodi (Program Studi) Magister Akuntansi (Maksi), Binus University (Universitas Bina Nusantara), Jakarta. Pada tahun 2022, Rindang dipercaya untuk menempati posisi sebagai Ketua Prodi Maksi Binus University. Rindang memperoleh gelar S-1 dan S-2 dari Binus University, yaitu gelar Sarjana Sistem Informasi dengan konsentrasi Komputerisasi Akuntansi pada 1998 dan gelar Magister Manajemen (M.M.) konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi pada 2002. Gelar Doktor (Ph.D.) bidang Akuntansi diperoleh dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Australia, pada tahun 2015.

Belajar Jadi Lebih Mudah