Penulis Kami
Ganijanti Aby Sarojo
-
merupakan salah satu dosen senior di Universitas Indonesia. Beliau pernah mengajar mata kuliah Fisika Dasar di Fakultas Teknik UI (FTUI) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) dan sampai saat ini, masih mengajar di FMIPA untuk mata kuliah Fisika Dasar I (Mekanika dan Panas) dan Fisika Dasar II (Listrik Magnet dan Gelombang–Optik).
Totok Budisantoso
-

Dosen Tetap di Fakultas Bisnis & Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Menyelesaikan Program Sarjana di Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB-UGM). Gelar Master dari Assumption University. Pendidikan Program Doktoral ditempuhnya di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB-UNS) Surakarta. Selain sebagai staf pengajar, penulis aktif sebagai peneliti, konsultan, serta trainer dalam bidang akuntansi dan sektor publik.

Agung Kuswantoro
Agung Kuswantoro, S.Pd., M. Pd.

Lahir di Pemalang, 7 November 1982. Penulis mengenyam pendidikan nonformal di Madrasah Diniah Hidayatussibyan, Pemalang serta Madrasah Diniah Wustho dan Ulya Salafiah, Pemalang. Pendidikan tingkat dasar ditempuh oleh penulis di Pemalang, sedangkan pendidikan tinggi dijalani oleh penulis di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Saat ini, penulis bekerja sebagai dosen di UNNES.

Sukrisno Agoes
Prof. Dr. Sukrisno Agoes, S.E., Ak., M.M., CPA,. CA.
Prof. Dr. Sukrisno Agoes, S.E., Ak., M.M., CPA,. CA., lahir di Jakarta, tanggal 13 Desember 1947 lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jurusan Akuntansi, pada tanggal 13 April 1974. Gelar MM (Magister Manajemen) dari Program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia, dengan bidang konsentrasi Akuntansi Manajemen di tahun 1990. Pada Agustus 1999 s.d. Mei 2003 penulis menyelesaikan Program Doktor di Program Pascasarjana Universitas Padjajaran, Bandung.
Rizal Yaya
Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak., CA.

Lulus S-1 dari program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (FE-UGM) tahun 1997, lulus S-2 di Program Master of Science in Accounting, International Islamic University Malaysia (IIUM) tahun 2003, dan memperoleh gelar Doktor di bidang Akuntansi dari University of Aberdeen, United Kingdom, pada tahun 2013.

Abdul Halim
Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A, Akt.
Prof. Dr. Abdul Halim, M.B.A, Akt., lahir di Banjarmasin pada 28 Juli 1958. Menjadi dosen di Fakultas Ekonomi UGM sejak 1983. Setelah menyelesaikan MBA di Murray State University, Kentucky, Amerika Serikat pada 1991, mengikuti Local Government Finance Course di University of Birmingham, Inggris pada 1994. Selain menjadi staf pengajar S-1, S-2 maupun S-3, pernah pula menekuni profesi sebagai akuntan publik pada KAP Moechtar Talib & Co. (1981–1983) dan KAP Hadori & Rekan (1984–1995). Di samping aktif sebagai dosen, sejak 1996 menjabat sebagai ketua Kursus Keuangan Daerah-Penelitian dan Pengembangan Ekonomi FE UGM (sekarang P2EB-FEB UGM) hingga 2006. Sejak 2002–2010 menjabat sebagai Asisten Direktur II (Bidang Administrasi dan Keuangan) Pascasarjana UGM. Sejak 2006–sekarang menjadi anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan RI, bidang desentralisasi fiskal (TADF). Di program Magister Ekonomika Pembangunan UGM, mengajar pada konsentrasi keuangan daerah. Konsentrasi tersebut ditekuni dalam menempuh Program Doktoralnya yang ditempuh melalui program sandwich (UGM-University of Kentucky) sejak 1998 yang diselesaikannya pada Maret 2002 dengan judul disertasi Analisis Varian atas Anggaran Pendapatan Asli Daerah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Segera setelah menyandang gelar Doktor, dikukuhkan sebagai Guru Besar UGM pada 17 Januari 2004 pada usia 46 tahun. Pidato pengukuhan Guru Besarnya berjudul Reformasi Akuntansi Keuangan dan Anggaran Daerah: Dua Pilar Utama Manajemen Keuangan Daerah. Pada tahun 2001–2004 menjadi rekanan BIGG (Building Institutions for Good Governance) dan sejak tahun 2000 menjadi konsultan berbagai daerah di tanah air dalam bidang manajemen keuangan daerah.
William M. Pride
-
William M. Pride adalah profesor pemasaran, Mays Business School di Texas A & M University. Ia menerima gelar Ph.D. dari Louisiana State University. Beliau adalah penulis Pemasaran Cengage Learning, Edisi ke-15, dan market leader. Minat penelitian Dr. Pride adalah dalam bidang iklan, promosi, dan saluran distribusi. Artikel penelitian Dr. Pride dapat dilihat dalam jurnal utama dalam bidang periklanan dan pemasaran, seperti Journal of Marketing, Journal of Marketing Research, Journal of the Academy of Marketing Science, dan Journal of Advertising. Dr. Pride merupakan anggota dari American Marketing Association, Academy of Marketing Science, Association of Collegiate Marketing Educators, Society for Marketing Advances, dan Marketing Management Association. Dr. Pride telah mengajarkan prinsip-prinsip pemasaran dan program pemasaran lainnya selama lebih dari 30 tahun baik di tingkat sarjana dan pascasarjana.
Sylvia Veronica Siregar
-
Sylvia Veronica Siregar adalah dosen di FE UI. Saat ini, penulis menjabat sebagai Ketua Program Studi S-1 Akuntansi FE UI dan juga anggota DSAK IAI. Penulis menyelesaikan pendidikan S-1 Akuntansi di FE UI dan S-3 di Program Pascasarjana FE UI. Penulis juga aktif memublikasikan hasil penelitiannya di berbagai seminar dan jurnal baik nasional maupun internasional.
Nurul Kamariyah
-
Nurul Kamariyah, S.Kep., Ns., M.Kes., lahir di sampan, 28 Januari 1970. Penulis menyelesaikan program D-3 Keperawatan di AKper RSI Surabaya pada tahung 1992, kemudian mendapat gelar sarjana keperawatan dari Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 2001. Beliau berhasil menyelesaikan program S-2 di Universitas Airlangga, Surabaya, Minat Ilmu Kesehatan Reproduksi 2012. Sejak 1993 hingga sekarang beliau aktif mengajar sebagai dosen di Stikes YARSIS yang kini berubah nama menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Stephen P. Robbins
-
Stephen P. Robbins Ph.D., University of Arizona, Posisi Akademik: Profesor, San Diego State University, Southern Illinois University di Edwardsville, University of Baltimore, Concordia University di Montreal, dan Nebraska University di Omaha.
Zairin Noor
Prof. Dr. Zairin Noor, dr., Sp.OT(K)., M.M.

Lahir di Banjarmasin, 20 November 1961. Riwayat pendidikan profesikedokteran pada Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung, kemudian menyelesaikan dokter spesialis bedah orthopaedi di Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 1995. Penulis menyelesaikan sub-spesialis konsultan spine atau Orthopaedic Spine Fellow, di subdivisi Bedah Orthopaedi Universitas Indonesia tahun 1998, dan tahun 2011 menyelesaikan Program Doktoral pada Program Ilmu Kedokteran Bidang Minat Biomedik di Universitas Brawijaya Malang. Sebelumnya penulis meraih gelar Magister Management (M.M) di Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin pada tahun 2003.

Kenneth A. Merchant
-
Kenneth A. Merchant (University of Southern California)
Supriyadi
-
Supriyadi, S.K.M., M.K.M., lahir di Tegal, 15 Februari 1973. Penulis menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tegal dan lulus S-1 Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Selanjutnya, penulis menyelesaikan pendidikan S-2 pada program peminatan Biostatistik di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
Primandita Fitriandi
-
Primandita Fitriandi lahir di Salatiga. Setelah menamatkan kuliah di D-IV Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), kemudian meneruskan kuliah di Pascasarjana Ilmu Ekonomi FE Universitas Indonesia dan mendapatkan beasiswa untuk Master of Arts in Economics di International University of Japan.
Bayu Sutikno
-
Bayu Sutikno
Tarwoto
-
Tarwoto, lahir di Brebes, 9 Februari 1970. Penulis adalah staf pengajar di Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I. Menyelesaikan pendidikan di program D-3 Keperawatan Depkes Jakarta tahun 1992, program Sarjana Keperawatan (S.Kep.) Universitas Indonesia tahun 2002 dan Program Pascasarjana Kekhususan Keperawatan Medikal Bedah FIK UI tahun 2011.
Erly Suandy
-

Lahir di Jambi, meraih gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi pada 1992 kemudian menyelesaikan Program Magister di bidang Administrasi dan Kebijakan Perpajakan, Universitas Indonesia (UI) pada 1998.

Marshall B. Romney
-
Marshall B. Romney
David G. Elmes
-
David G. Elmes adalah Profesor Emeritus Psikologi di Washington and Lee University, tempat ia mengajar selama 40 tahun. Ia memperoleh B.A. dengan predikat tinggi dari University of Virginia dan menyelesaikan gelar M.A. dan Ph.D. dalam bidang psikologi di sana. Dr. Elmes adalah asisten professor di Hampden-Sydney College, research associate selama setahun di Human Performance Center University of Michigan, dan Visiting Fellow of University College di University of Oxford. Di Washington and Lee University, ia ikut mengepalai Cognitive Science Program dan mengepalai Departement of Psycology selama sepuluh tahun. Profesor Elmes menyuting Readings in Experimental Psychology, Directory of Research in Psychology at Primarily Undergraduate Institutions, dan turut menjadi penulis edisi kesembilan Experimental Psycology (2009, dengan B. H. Kantowitz dan H. L. Roediger III). Dr. Elmes telah menerbitkan banyak artikel yang berkaitan dengan pembelajaran manusia dan hewan, memori, dan indra penciuman. Penelitian bau menerima dukungan dari National Institute of Environmental Health Sciences. Ia sering menjadi penilai skripsi yang diserahkan kepada jurnal teknis dan merupakan konsultan editor untuk Journal of Experimental Psycology: Learning, Memory and Cognition selama beberapa tahun. Profesor Elmes sangat tertarik dengan nilai pendidikan dari penelitian di tingkat sarjana. Selama beberapa tahun ia aktif dalam Council of Undergraduate Research, yang menjabat sebagai Anggota Dewan Psikologi, Ketua Divisi Psikologi, dan Presiden. Profesor Elmes adalah Anggota dari Association for Psycological Science dan Virginia Academy of Science.\
Belajar Jadi Lebih Mudah