Penulis Kami
Nury Effendi
-
Dr. Nury Effendi, S.E., M.A. adalah dosen di salah satu universitas negeri di Bandung, Jawa Barat. Beliau lulusan dari Universitas Padjadjaran (S1), Ohio State University (S2), dan Oklahoma University (S3). Bidang keahlian beliau adalah Ekonometrika, Ekonomi Keuangan, dan Ekonomi Makro.
Rimawan Pradiptyo
-
Rimawan Pradiptyo
Waluyo
Dr. Waluyo, M.Sc., Ak.

Staf pengajar pada Program Pascasarjana Magister Akuntansi (Maksi) dan pada Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI), FEB Univ. Padjadjaran (Unpad) Bandung. Mengajar juga di Program Maksi dan di PPAk, serta di Program Doktoral (S-3) Ilmu Akuntansi FEB Univ. Trisakti (Usakti). Selain itu, penulis juga mengajar di Program Maksi dan di PPAk Univ. Tarumanagara (Untar), Univ. Kristen Maranatha, Univ. Mercu Buana (UMB), Univ. Multimedia Nusantara, dan Trisakti School of Management. Penulis juga menjadi dosen tamu pada beberapa perguruan tinggi dan aktif dalam berbagai kegiatan seminar di dalam ataupun di luar negeri.

R. Weddie Andriyanto
-
R. Weddie Andriyanto, S.E., M.Si., CPA., lahir di Palembang, 09 September 1959, mendapat gelar Sarjana dari Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Sriwijaya Palembang pada tahun 1988 dan Magister dari Program Magister Akuntansi konsentrasi Perpajakan Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tahun 2005.
Mark F. Zimbelman
-
Mark F. Zimbelman adalah seorang profesor dan penerima beasiswa Selvoy J. Boyer pada Program Studi Akuntansi, Brigham Young University (BYU). Dia mengajar mata kuliah auditing dan pemeriksaan kecurangan dan memfokuskan risetnya dalam hal pendeteksian kecurangan dalam laporan keuangan yang dilakukan auditor. Risetnya telah dipublikasikan pada sejumlah jurnal akademik, di antaranya Journal of Accounting Research, The Accounting Review, Journal of Accounting Literature, Organizational Behavior and Human Decision Processes, Auditing: A Journal of Practice and Theory, Contemporary Accounting Research dan Accounting Horizons.
Josep Bintang Kalangi
-

Lahir di Kotamobagu, Sulawesi Utara pada tanggal 25 November 1961. Gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) diperoleh dari Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sam Ratulangi (FEB-UNSRAT), Manado, pada tahun 1986. Penulis mulai mengajar di FEB-UNSRAT tahun 1987 sebagai asisten dosen mata kuliah Matematika Ekonomi dan Bisnis serta Teori Ekonomi. Kemudian pada tahun 1989, penulis diangkat sebagai staf pengajar tetap. Selanjutnya, pada tahun akademik 1991/1992, penulis mengikuti Program Pascasarjana (S-2) Program Studi (Prodi) Ilmu Manajemen di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM). Konsentrasi perdidikan di bidang Manajemen Pemasaran, dan meraih gelar Magister Science (M.Si.) pada tahun 1994.

M. Fais Satrianegara
-
M. Fais Satrianegara, SKM, MARS., Lahir pada tanggal 13 September 1972 di Sengkang Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, mencapai gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat pada tahun 1996, dan pada tahun 1999 menyelesaikan studinya di Program Pascasarjana Bidang Kajian Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia. Penulis memulai kariernya sebagai pegawai negeri sipil di Kabupaten Wajo dan menjabat Kepala Tata Usaha Rumah Sakit Umum Lamaddukelleng pada tahun 1999 dan melanjutkan pengalaman kerjanya di Kota Makassar sebagai kepala seksi penunjang medis di Rumah Sakit Umum Haji Makassar pada tahun 2001.
Kenneth C. Laudon
-
Kenneth C.Laudon adalah profesor di bidang Sistem informatika di New York University Stern School of Business. Beliau meraih gelar sarjana ekonominya dari Standford dan Ph.D dari Columbia University. Beliau telah menulis 12 buku tentang e-commerce, sistem informasi, organisasi, dan kemasyarakatan. Profesor Laudon juga telah menulis lebih dari 40 artikel tentang masalah sosial, organisasi, dan pengaruh sistem informasi terhadap manajemen, privasi, etika, dan teknologi multimedia.
Rita Yulifah
-
Rifa Yulifah, dilahirkan di Malang pada tahun 1966. Penulis menyelesaikan pendidikan D-3 Keperawatan an D-3 Kebidanan di Malang. Memperoleh gelar Sarjana Keperawatan di Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 2000. Gelar Master Kesehatan dengan Konsentrasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dari Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 2006.
Agus Sambodo
-
Drs. Agus Sambodo, SH, MSA, BKP Lahir di Tenggalek, 12 Agustus 1959. D3 Akuntansi FE Universitas Brawijaya Malang tahun 1986, S1 Hukum FH Universitas Brawijaya Malang tahun 1987, S1 Akuntansi FE Universitas Gajayana Malang tahun 1986, S2 (Magister Sains Akuntansi) Universitas Brawijaya Malang tahun 2005. Pendidikan Informal Verifikasi Lapangan PPN dan PPnBM DJP tahun 1993, Penyertaan Mutu Konsultan Pajak 2006, Brevet A dan B Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak DJP tahun 2005
Jay Heizer
-
Jay Heizer
Terence A. Shimp
-
Memperoleh gelar doctor dari University of Maryland dan mengajar selama empat tahun di Kent State University sebelum pindah ke University of South Carolina. Ia kemudian mengabdi sebagai civitas akademika di sana selama 29 tahun. Ketika di University of South Carolina, Profesor Shimp adalah W. W. Johnson Distinguished Foundation Fellow dan selama 12 tahun menjabat sebagai Ketua Jurusan Pemasaran di Moore School of Business. Saat ini beliau adalah seorang Distinguished Professor Emeritus, tetapi terus melakukan riset, menulis, mengajar, dan bekerja dengan para mahasiswa Ph.D.
Maharani Laillyza Apriasari
Dr. drg. Maharani Laillyza Apriasari, Sp.PM

Lahir di Surabaya, 18 April 1977. Pada tahun 2000 telah menyelesaikan Pendidikan Dokter Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya. Penulis melanjutkan studi ke Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Ilmu Penyakit Mulut di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya pada Agustus 2007–April 2010. Penulis telah menempuh pendidikan program jenjang Doktoral (S-3) Ilmu Kedokteran di Universitas Airlangga pada September 2013–Maret 2016. Pekerjaan penulis adalah dosen tetap PNS di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat, selain itu ada aktivitas lainnya yaitu sebagai dokter gigi spesialis penyakit mulut di RSUD Ulin Banjarmasin dan RS Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman Banjarmasin. Penulis pernah menerbitkan beberapa buku yaitu Penyakit Infeksi Rongga Mulut (2012) dan Kumpulan Kasus Penyakit Mulut (2013).

Devy Halim
-
Devy Halim, S.K.M., lahir di Banjarmasin, 8 Desember 1989. Penulis menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banjarmasin pada tahun 2006 dan lulus S-1 Kesehatan Masyarakat di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tahun 2010. Selain itu, penulis mengikuti berbagai pelatihan/seminar/lokakarya/workshop sanitasi rumah sakit dan kesehatan lingkungan rumah sakit. Penulis turut aktif dalam pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin. Saat ini, penulis menjabat sebagai koordinator kesehatan lingkungan di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin serta merupakan salah satu anggota PK3RS di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin.
Agustinus Johanes Djohan
-
Dr. dr. Agustinus Johanes Djohan, M.M., FIAS., biasa disingkat A. J. Djohan, lahir di Sampit, saat ini tinggal di Banjarmasin. Menyelesaikan SMA Kolese Santo Yusuf, Malang 1969. Lulus Pendidikan Dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya Jakarta 1978. Kemudian penulis menyelesaikan pendidikan Master of Business Administration di Institut Manajemen John Luther Indonesia, kelas jauh John Luther University, Salt Lake City, Utah 1992. Penulis lulus S-2 di Magister Manajemen STIE IPWI Jakarta 1993. Selain itu, penulis juga menyelesaikan pendidikan doktor Ilmu Ekonomi dengan Kajian Pemasaran Rumah Sakit pada Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada tahun 2006. Penulis juga mengikuti berbagai kursus manajemen dan kesehatan di dalam dan luar negeri.
Lintang Venusita
-
Lintang Venusita, S.E., Ak., M.Si., menyelesaikan gelar sarjana ekonomi akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, Surabaya dan memperoleh gelar M.Si. (Magister Sains) dari Program Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya dengan bidang konsentrasi Akuntansi Manajemen pada tahun 2006.
Ratna Wardhani
-
Ratna Wardhani merupakan dosen di FE UI. Penulis menyelesaikan S-1 Akuntansi di FE UI, Magister Ilmu Manajemen Jurusan Keuangan di Pascasarjana Ilmu Manajemen FE UI, dan Doktor bidang Ilmu Akuntansi
Aria Farahmita
-
Aria Farahmita menyelesaikan studi S-1 Akuntansi dan S-2 Corporate Finance di FE UI. Saat ini penulis sedang menyelesaikan pendidikan S-3 Ilmu Akuntansi di FE UI. Karyanya pertama dengan Penerbit Salemba Empat adalah sebagai Ketua Tim Penerjemah buku Principles of Accounting 22nd Ed., karya Fess & Warren. Saat ini, penulis aktif sebagai staf pengajar tetap di FE UI dan aktif menulis artikel di Economic Business and Accounting Review (eBAR) serta rubrik IFRS corner di majalah BUMN Track, selain itu penulis banyak melakukan riset terkait IFRS. Penulis juga aktif sebagai pembicara dan instruktur di Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) untuk pelatihan tentang PSAK terbaru. Penulis juga menjadi bagian dari anggota Komite Audit pada PT Tugu Pratama Indonesia.
Edward Tanujaya
-
Edward Tanujaya adalah staf pengajar di Departemen Akuntansi FE UI. Penulis menyelesaikan S-1 Akuntansi di FE UI dan S-2 International Business di Rijksuniversiteit Groningen, Belanda. Selain sebagai staf pengajar, penulis juga aktif dalam dunia penerbitan buku dan pernah menjadi editor untuk Jurnal Popular eBAR yang diterbitkan Departemen Akuntansi FE UI dan Journal of European Studies yang diterbitkan oleh PSKWE PPS UI. Selain aktif menjadi anggota Ikatan Akuntan Indonesia, penulis juga menjadi anggota Komite Audit sebuah perusahaan publik.
Belajar Jadi Lebih Mudah