Penulis Kami
Agus Riyanto
Agus Riyanto, S.K.M., M.Kes.
Agus Riyanto, S.K.M., M.Kes., lahir di Lampung 19 November
Theodorus M. Tuanakotta
-
Penulis adalah pengajar dan peneliti di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) sejak Februari 1968. Pensiun pada akhir Oktober 2010. Saat ini, Beliau masih mengampu mata kuliah AFAI (Akuntansi Forensik & Audit Investigatif) di Program Studi S-1 dan Program Magister Akuntansi (Maksi) FEB-UI. Penulis Meraih gelar Doktorandus Akuntansi dari FEB-UI dan Master of Business Administration dari Harvard University (Boston, Massachusetts, AS). Bernomor Register Akuntan 4.
Jenny J.S. Sondakh
Jenny J.S. Sondakh, M.Clin.Mid.
Jenny J.S. Sondakh, M.Clin.Mid., lahir di Manado 10 Januari 1959. Saat ini penulis telah dikaruniai tiga anak laki-laki. Penulis telah menyelesaikan D-3 Kebidanan di Poltekkes Depkes Malang pada 2003, D-4 Bidan Pendidik Stikes Ngudi Waluyo Ungaran Jawa Tengah pada 2004, S-1 Pendidikan di Universitas Gresikpada tahun 2006, kemudian S-2 di Monash University Melbourne Australia dan mendapat gelar Master of Clinical Midwifery pada 2009. Saat ini, penulis sedang menempuh pendidikan S-3 Ilmu Kesehatan di Universitas Airlangga Surabaya. Penulis memiliki pengalaman bekerja sebagai bidan selama bertahuntahun antara lain di Rumah Sakit Kristen Tayu Pati Jawa Tengah pada 1982 s.d. 1984, Rumah Bersalin Mardi Rahayu Pakis Malang pada 1984 s.d. 1992, dan di Puskesmas Kota Malang pada 1992 s.d. 2004. Sampai saat ini, penulis aktif sebagai dosen Poltekkes Kemenkes Malang Jurusan Kebidanan sejak 2004, Bidan Praktik Mandiri (BPM) sejak 1992 sampai sekarang dengan predikat Bidan Delima. Penulis aktif dalam berbagai kegiatan pelatihan dan organisasi, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Penulis merupakan aktivis LSM Aliansi Pita Putih Kota Malang, yang peduli terhadap Kesehatan Ibu dan Anak, Ketua Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kota Malang periode 2010– 2015, National Advance Trainer untuk semua keterampilan klinik bagi bidan, antara lain Asuhan Persalinan Normal (APN), Pelatih Prevention of Mother to Child HIV Transmision (PMTCT), dan lain sebagainya. Penulis juga aktif sebagai anggota International Confederation of Midwifery (ICM) dan aktif mengikuti konferensi yang diselenggarakan oleh ICM (Ikatan Bidan Sedunia). Konferensi yang pernah diikuti antara lain di Brisbane Australia (2005), di Durban Afrika Selatan (2011). Selain itu, penulis juga memperoleh berbagai penghargaan antara lain dari International Red Cross sebagai relawan saat gempa dan Tsunami di Aceh, penghargaan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai relawan saat Gempa di Yogyakarta, penghargaan ICM dalam keberhasilan penelitian “Strenghtening Midwifery Practice in Indonesia�? dan penelitian ini telah dipublikasi dalam jurnal ICM serta dipresentasikan pada saat ICM Conference di Durban Afrika Selatan tahun 2011, dan penghargaan lain yang diperoleh sebagai Clinical Midwife. Sampai saat ini penulis aktif menjadi pembicara di Seminar Nasional Kebidanan.
Marjati
Marjati, S.ST., M.Pd.
Marjati, S.ST., M.Pd. Lahir di Madiun 15 Mei 1948, telah menyelesaikan pendidikan tinggi di Akademi Keperawatan Sutopo tahun 1998, pendidikan D-4 Maternitas di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya pada 1999. Kemudian penulis melanjutkan pendidikan S-2 di Universitas Muhammadiyah Malang dan menyelesaikannya pada tahun 2007. Penulis mengawali kariernya sebagai bidan di Pelayanan Kebidanan RSSA Malang sejak 1971 s.d. 1975, kemudian mengalihkan profesinya sejak 1977 s.d. 1997 di Kebidanan Celaket Malang sebagai guru kebidanan. Penulis dipercaya sebagai PUDIR II (1998 s.d. 1999) dan PUDIR I (1999 s.d.2000) di Akademi Kebidanan Celaket Malang, kemudian diangkat sebagai direktur pada 2000 s.d. 2002. Setelah itu, penulis menjadi PUDIR II di Poltekkes Depkes Malang (2002 s.d. 2006) dan menjadi Ka. Prodi sejak 2006 s.d. 2010.
Tatarini Ika Pipitcahyani
Tatarini Ika Pipitcahyani, S.ST., M.Kes.
Tatarini Ika Pipitcahyani, S.ST., M.Kes., Lahir di Surabaya 5 Desember 1980, telah menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Ujung IX Surabaya pada 1993, Pendidikan Menengah di SMP Barunawati Surabaya pada 1996, SMA IPIEMS Surabaya pada 1999, pendidikan tinggi di Prodi Diploma III (D-3) Kebidanan Sutomo Surabaya Poltekkes Surabaya pada 2002, kemudian melanjutkan Diploma IV (D-4) Bidan Pendidik di Stikes Insan Unggul Surabaya pada 2005. Pada 2011, penulis menyelesaikan pendidikan Pasca Sarjana (S-2) Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat (FKM) Program Studi Promosi Kesehatan Kajian Kesehatan Reproduksi dan HIV/AIDS di Universitas Diponegoro Semarang. Penulis pernah bekerja di RS Marinir Surabaya pada 2002–2003, kemudian menjadi staf pengajar di Akademi Kebidanan Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. Sejak 2006 s.d. sekarang, penulis menjadi PNS Kementerian kesehatan, bekerja sebagai staf pengajar Prodi Kebidanan Malang Jurusan Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Malang.
Bambang Rianto Rustam
Dr. Bambang Rianto Rustam, S.E., Ak., M.M.
Dr. Bambang Rianto Rustam, S.E., Ak., M.M., lahir di Rumbio tahun 1975. Pada tahun 1999, penulis menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau (FE UR). Kemudian, beliau melanjutkan pendidikannya di Magister Manajemen Universitas Riau dan lulus pada tahun 2005. Program Doktor Ilmu Ekonomi berhasil diselesaikan dengan predikat “cum laude�? pada tahun 2016 di Universitas Trisakti dan mendapatkan predikat sebagai salah satu lulusan terbaik Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti tahun 2016.
Roy J. Lewicki
-
Roy J. Lewicki adalah Profesor Memorial Etika Bisnis Irving Abramowitz dan Profesor
Suryana
-

Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Manajemen di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Lahir di Kuningan, Jawa Barat pada tanggal 2 Juni 1960. Latar belakang pendidikannya adalah S-1 Jurusan Pendidikan Ekonomi Umum IKIP Bandung (sekarang Universitas Pendidikan Indonesia—UPI), S-2 Sains Ilmu Ekonomi UNPAD pada tahun 1992, dan S-3 Ilmu Ekonomi UNPAD pada tahun 1999.

Werner R. Murhadi
Dr. Werner R. Murhadi
Dr. Werner R. Murhadi, Lahir 25 Januari 1975 di Sintang, Kalimantan Barat. Lulus sebagai sarjana ekonomi dari Universitas Surabaya pada tahun 1997 dengan predikat
Budi Frensidy
-
Lahir di Jakarta pada 1965, adalah pengajar beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan matematika,
Paulus Effendi Lotulung
-
adalah hakim agung yang menjabat pula sebagai ketua muda Mahkamah Agung Urusan Peradilan Tata Usaha Negara (2000–2013). Ahli hukum administrasi kelahiran Boyolali, Jawa Tengah, 9 Maret 1943 ini menamatkan pendidikan dasarnya di SD Kristen Oranye School, Surabaya, Jawa Timur, tahun 1955 dan pendidikan menengah pada SMP Negeri III Surabaya (1959), serta Sekolah Hakim dan Djaksa (SHD) Negara Jurusan Hakim (setingkat SMA), Malang, Jawa Timur (1963).
James C. Van Horne
-
James C. Van Horne
Wirawan B. Ilyas
Dr. Wirawan B. Ilyas, M.Si., M.H., CPA.
Menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi dari Fakultas
Richard Burton
Richard Burton, S.H., M.H.
Richard Burton, S.H., M.H., menyelesaikaan pendidikan Sarjana Hukum dan Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas
Gita Danupranata
-
adalah Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan jabatan akademik Lektor Kepala. Lahir di
Sarlito Wirawan Sarwono
-
Sarlito Wirawan Sarwono (alm.) lahir di Purwokerto pada tahun 1944, penulis merupakan lulusan Fakultas Psikologi UI (1968), kemudian melanjutkan studi S2 (setingkat S2) di Universitas Edinburgh tahun 1973 (Skotlandia) dan Universitas Leiden tahun 1976 (Belanda) serta S3 di Universitas Indonesia pada tahun 1978. Selain itu, penulis pernah menjabat sebagai Guru Besar Psikologi, dekan FPsi UI (1997–2004), Ketua Program Studi Kajian Ilmu Kepolisian UI (2006–sekarang), Dekan FPsi UPI YAI (2009–sekarang). Penulis juga pernah menjadi peneliti di East West Center, Hawai, dan menjadi guru besar tamu di Universitas Cornell (AS), Universitas Nijmegen (Belanda), Universitas Victoria (Selandia Baru), dan Universitas Malaysia. Sedangkan di Indonesia sendiri, Sarlito aktif memberi kuliah di Universitas Indonesia, Universitas Pancasila, Universitas Persada Indonesia dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian. Penelitian yang pernah dilakukan penulis di antaranya mengenai; Seksualitas Remaja, Rumah Susun, Lalu Lintas, Prasangka, Deradikalisasi Teroris. Selain itu juga penulis menjadi konsultan TransCorp/Paragroup (1996–sekarang), Penasihat Ahli Kepala Kepolisian RI (2009–sekarang). Organisasi profesi yang diikuti adalah Himpuanan Psikologi Indonesia (Himpsi), International Council of Psichologists (ICP), Asian Psychological Association (ApsyA), American Psychological Association (APA), International Association of Applied Psychology).
Ari Sulistyawati
Ari Sulistyawati, S.Si.T., M.Kes.
Ari Sulistyawati, S.Si.T., M.Kes., lahir di Wonosobo tanggal 3 Mei 1977. Kariernya di bidang kesehatan dimulai sejak lulus dari Sekolah Perawat Kesehatan
Fidyah Aminin
Fidyah Aminin, M.Kes.
Fidyah Aminin, M.Kes., dilahirkan di Blitar, 19 April 1985. Penulis adalah staf pengajar Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang. Penulis menyelesaikan pendidikan D III Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Malang pada tahun 2007. Kemudian menyelesaikan program D IV Bidan
Rekawati Susilaningrum
Rekawati Susilaningrum, A.Per. Pen, M.Kes.
Rekawati Susilaningrum, A.Per. Pen, M.Kes., lahir di Magetan pada 1 Juni 1967. Penulis berhasil menyelesaikan program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat pada tahun 2011 di Universitas Diponegoro, Semarang. Dua tahun sebelumnya (1999) penulis merampungkan program D-4 Perawat Pendidik di Universitas Airlangga Surabaya. Selain aktif menulis, profesi lain yang digeluti oleh perempuan yang mengenyam Akta Pengajar III di IKIP Yogyakarta dan D-3 Keperawatan di Akper Sutomo ini adalah sebagai tenaga pengajar atau dosen di SPK Soetomo dan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya sejak 1990 sampai dengan saat ini.
Sri Utami
Sri Utami, S.Kp., M.Kes.
Sri Utami, S.Kp., M.Kes., lahir di Surabaya, 14 November 1967. Penulis meraih gelar magisternya tahun 2006 di Universitas Airlangga Surabaya pada program studi IKM-KIA. Sementara program S-1 Keperawatan diselesaikan tahun 1999 di Universitas Padjadjaran Bandung dan program D-3 di Akper Sutomo Surabaya. Penulis juga aktif dalam kegiatan belajar mengajar dengan menjadi dosen pada SPK Soetomo dan Poltekkes Kemenkes Surabaya sejak tahun 1990 sampai dengan sekarang.
Belajar Jadi Lebih Mudah